Berita Terkini :
http://picasion.com/
Home » » Peranan Mikroba Dalam Mikrobiologi Lingkungan dan Kesehatan (Part II)

Peranan Mikroba Dalam Mikrobiologi Lingkungan dan Kesehatan (Part II)

Monday, January 30, 2012 | 2comments

Peranan Mikroba Dalam Mikrobologi Kesehatan Dan Mikrobiologi Lingkungan
A. Dalam Mikrobiologi Kesehatan
1. Virus
a) Virus Dengue penyebab demam berdarah
Demam berdarah adalah infeksi penyakit tropis yang disebabkan oleh virus dengue . Gejalanya meliputi demam , sakit kepala , otot dan nyeri sendi , dan karakteristik ruam kulit yang mirip dengan campak . Dalam sebagian kecil kasus penyakit berkembang menjadi demam berdarah mengancam kehidupan hemoragik, mengakibatkan pendarahan , rendahnya tingkat trombosit darah dan kebocoran plasma darah, atau ke sindrom syok dengue, di mana tekanan darah sangat rendah terjadi.
Dengue ditularkan oleh beberapa spesies nyamuk dalam genus Aedes , terutama Virus ini memiliki empat jenis yang berbeda; infeksi dengan satu jenis seumur hidup biasanya memberikan kekebalan untuk tipe tersebut, tetapi hanya jangka pendek kekebalan terhadap yang lain. Subsequent. Infeksi berikutnya dengan tipe yang berbeda meningkatkan risiko komplikasi parah. Karena tidak ada vaksin , pencegahan dicari dengan mengurangi habitat dan jumlah nyamuk dan membatasi eksposur terhadap gigitan.
Pengobatan demam berdarah akut mendukung, baik menggunakan oral atau intravena rehidrasi untuk penyakit ringan atau sedang, dan cairan intravena dan transfusi darah untuk kasus yang lebih parah.. Para kejadian demam berdarah telah meningkat secara dramatis sejak 1960-an, dengan sekitar 50-100 juta orang terinfeksi setiap tahun.. Deskripsi awal dari tanggal kondisi dari 1779, dan menyebabkan virus tersebut dan transmisi yang dijelaskan di awal abad 20. Dengue telah menjadi masalah global sejak Perang Dunia Kedua dan endemik di lebih dari 110 negara. Selain menghilangkan nyamuk, pekerjaan sedang berlangsung pada vaksin, serta obat-obatan yang ditargetkan langsung pada virus (Kristina, dkk .2004)

b) Virus Varicella-Zoster.
Virus varicella-zoster adalah virus penyebab cacar air dan cacar ular (herper zoster).Inang dari v irus ini hanya terbatas pada manusia dan primata (simian). Stuktur partikel virus (virion) varicella-zoster berukuran 120-300 nm. Genom virus ini berukuran 125 kb (kilo-basa) dan mengandung sedikitnya 69 daerah yang mengkodekan gen-gen tertentu.Virion terdiri dari glikoprotein, kapsid, amplop (selubung) virus, dan nukleokapsid yang melindungi bagian inti berisi DNA genom utas ganda. Bagian nukleokapsid berbentuk ikosahedral, berdiameter 100-110 nm, dan terdiri dari 162 protein yang disebut kapsomer. Virus ini akan mengalami inaktivasi pada suhu 56-60 °C dan menjadi tidak berbahaya apabila bagian amplop (selubung) dari virus ini rusak. Penyebaran virus ini dapat terjadi melalui pernapasan.Masa inkubasi. Waktu terekspos sampai kena penyakit dalam tempo 2 sampai 3 pekan. hal ini bisa ditandai dengan badan yang terasa panas. Pada permulaannya, penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Gejala-gejala ini khas untuk infeksi virus. Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.
Kemerahan pada kulit ini lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Ruam kulit ini mungkin terasa agak nyeri atau gatal sehingga dapat tergaruk tak sengaja. Jika lenting ini dibiarkan maka akan segera mengering membentuk keropeng (krusta) yang nantinya akan terlepas dan meninggalkan bercak di kulit yang lebih gelap (hiperpigmentasi). Bercak ini lama-kelamaan akan pudar sehingga beberapa waktu kemudian tidak akan meninggalkan bekas lagi.
Lain halnya jika lenting cacar air tersebut dipecahkan. Krusta akan segera terbentuk lebih dalam sehingga akan mengering lebih lama. kondisi ini memudahkan infeksi bakteri terjadi pada bekas luka garukan tadi. setelah mengering bekas cacar air tadi akan menghilangkan bekas yang dalam. Terlebih lagi jika penderita adalah dewasa atau dewasa muda, bekas cacar air akan lebih sulit menghilang (Ann M. Arvin.1996).

2. Bakteri
a) Proteus vulgaris
Proteus vulgaris adalah berbentuk batang, Gram negatif bakteri yang mendiami saluran usus manusia dan hewan. Hal ini dapat ditemukan dalam hal tanah, air dan tinja. Hal ini diketahui menyebabkan infeksi saluran kemih dan infeksi luka. Pasien dengan infeksi berulang, orang-orang dengan kelainan struktur saluran kemih, mereka yang memiliki uretra instrumentasi, dan mereka yang diperoleh infeksi di rumah sakit memiliki peningkatan frekuensi infeksi yang disebabkan oleh Proteus.

b) Treponema pallidum
Treponema pallidum adalah spesies bakteri spiroseta dengan subspesies yang menyebabkan penyakit treponemal seperti sifilis, bejel, Pinta dan frambusia ini treponema memiliki membran sitoplasma dan luar.. Mereka tidak terlihat pada Pap bernoda karena organisme Gram terlalu tipis untuk menjadidiamati di bawah mikroskop cahaya. T. pallidum pallidum adalah spiroseta motil yang umumnya diperoleh melalui kontak seksual dekat, memasuki host melalui pelanggaran di skuamosa atau epitel kolumnar. Organisme ini juga dapat ditularkan ke janin oleh bagian transplasenta selama tahap akhir kehamilan, sehingga menimbulkan sifilis kongenital. Struktur heliks dari T. pallidum pallidum memungkinkan untuk bergerak dalam gerakan pembuka botol melalui media kental seperti lendir. Ini keuntungan akses ke host darah dan sistem getah bening melalui membran jaringan dan lendir.
Subspesies patek menyebabkan, Pinta, dan bejel yang morfologis dan serologis tidak dapat dibedakan dari T. pallidum pallidum (sifilis), namun, transmisi mereka tidak kelamin di alam dan perjalanan penyakit masing-masing berbeda secara signifikan.Treponema pallidum merupakan bakteri yang motil (dapat bergerak), yang umumnya menginfeksi melalui kontak seksual langsung, masuk ke dalam tubuh inang melalui celah di antara sel epitel. Organisme ini juga dapat ditularkan kepada janin melalui jalur transplasental selama masa-masa akhir kehamilan. Struktur tubuhnya yang berupa heliks memungkinkan Treponema pallidum pallidum bergerak dengan pola gerakan yang khas untuk bergerak di dalam medium kental seperti lendir (mucus). Dengan demikian organisme ini dapat mengakses sistem peredaran darah dan getah bening inang melalui jaringan dan membran mucosa.
3. Jamur
a) Penicillium roseum
Clonostachys rosea f. rosea, juga dikenal sebagai Gliocladium roseum adalah spesies dari jamur di Bionectriaceae keluarga. Ini berkolonisasi tanaman hidup sebagai endophyte, mencerna materi dalam tanah sebagai saprofit dan juga dikenal sebagai jamur parasit lain dan nematoda. Ini menghasilkan berbagai senyawa organik yang mudah menguap yang beracun bagi organisme termasuk jamur lain, bakteri, dan serangga, dan kepentingan sebagai agen pengendalian hama biologis. Emisi volatile satu strain, ditemukan tumbuh di pohon-pohon di hutan hujan ulmo Patagonia (Argentina) dan (Chili), telah dikatakan menyerupai solar, dan dengan demikian menjadi biofuel potensial
Clonostachys rosea melindungi tanaman terhadap Botrytis cinerea ("cetakan abu-abu") dengan produksi spora menekan hifa Its telah ditemukan untuk kumparan sekitar, menembus, dan tumbuh di dalam hifa dan konidia B. cinera, terjadi untuk memproduksi tabung kuman yang menembus tubuh host dan membunuh iematoda terinfeksi oleh rosea C. ketika konidia jamur 'menempel dan kutikula berkecambahtu. Kemampuan ini jamur 'untuk mengkonversi selulosa untuk hidrokarbon bisa memberikan manfaat lingkungan dan sosial ekonomi karena dapat memungkinkan untuk produk-produk limbah organik seperti serbuk gergaji yang akan digunakan dalam produksi biofuel bukan sumber makanan seperti jagung.

b) Beauveria bassiana
Beauveria bassiana merupakan entomapatogen yaitu cendawan yang dapat menimbulkan penyakit pada serangga. Cara Beauvaria bassiana menginfeksi tubuh serangga dimulai dengan kontakinang, masuk ke dalam tubuh inang, reproduksi di dalam satu atau lebih jaringan inang, kemudian kontak dan menginfeksi inang baru. B.bassiana masuk ke tubuh serangga inang melalui kulit,saluran pencernaan, spirakel dan lubang lainnya. Inokulum jamur yang menempel pada tubuh serangga inang akan berkecambah dan berkembang membentuk tabung kecambah, kemudian masuk menembus kulit tubuh. Penembusan dilakukan secara mekanis dan atau kimiawi dengan mengeluarkan enzim atau toksin.Pada proses selanjutnya, jamur akan bereproduksi di dalam tubuh inang. Jamur akan berkembang dalam tubuh inang dan menyerang seluruh jaringantubuh, sehingga serangga mati. Miselia jamur menembus ke luar tubuh inang, tumbuh menutupi tubuh inang dan memproduksi konidia. Dalam hitungan hari, serangga akan mati. Serangga yang terserang jamur B. bassiana akan mati dengan tubuh mengeras seperti mumidan jamur menutupi tubuh inang dengan warna putih.
Dalam infeksinya, B. bassiana akan terlihat keluar dari tubuh serangga terinfeksi mula-mula dari bagian alat tambahan (apendages) seperti antara segmen-segmen antena, antara segmen kepala dengan toraks , antara segmen toraks dengan abdomen dan antara segmen abdomen dengan cauda (ekor). Setelah beberapa hari kemudian seluruh permukaan tubuh serangga yang terinfeksi akan ditutupi oleh massa jamur yang berwarna putih. Penetrasi jamur entomopatogen sering terjadi pada membran antara kapsul kepala dengan toraks atau di antara segmen-segmen apendages demikian pula miselium jamur keluar pertama kali pada bagian-bagian tersebut.
Serangga yang telah terinfeksi B.bassiana selanjutnya akan mengkontaminasi lingkungan,baik dengancara mengeluarkan spora menembus kutikula keluar tubuh inang, maupun melalui fesesnya yang terkontaminasi. Serangga sehat kemudian akan terinfeksi. Jalur ini dinamakan transmisi horizontal patogen (Jha, Alok.2008).


B. Mikrobiologi Lingkungan
1. Virus
a) Cydia pomonella granulosis virus (CpGV)
Cydia pomonella granulosis virus (CpGV) adalah Granulovirus Baculovirus. Ia memiliki genom DNA beruntai ganda 123500 bp panjang dengan 143 ORFs. Virus bentuk badan kecil yang disebut berisi butiran viron tunggal. CpGV adalah virus dari invertebrata - khususnya Cydia pomonella atau ngengat Colding.CpGV sangat patogen, diketahui sebagai GV cepat - yaitu, salah satu yang akan membunuh tuan rumah dalam instar yang sama sebagai infeksi, oleh karena itu sering digunakan sebagai pestisida biologis.
CpGV dalam pengendalian hama .C. pomonella telah terbukti menjadi hama bermasalah pada beberapa pohon buah-buahan, termasuk apel dan pir. Ulat liang ke dalam buah, rendering itu un-sellable. Insektisida tradisional penggunaan terbatas, karena beberapa strain telah memperoleh resistensi terhadap insektisida beberapa.
CpGV telah terbukti dapat membunuh banyak larva C. pomonella dalam uji tanpa efek yang merugikan pada manusia atau hewan lain, berkat sifat khusus dari virus. Juga, tidak ada pengembangan resistensi diamati. Tahu diketahui bahwa beberapa populasi resisten terjadi. Sebuah strain CpGV tersedia sebagai pestisida komersial seperti Cyd-X (Certis) dan MADEX (Andermatt biokontrol AG).

b) Virus Tungro
Penyakit Tungro adalah penyakit pada tanaman padi (Oryza sativa ) yang disebabkan oleh virus yang biasanya terjadi pada fase pertumbuhan vegetatif dan menyebabkan tanaman padi tumbuh kerdil dan berkurangnya jumlah anakan. Penyakit tungro pada tanaman padi ini disebabkan oleh asosiasi dari dua jenis virus. Kedua bentuk partikel virus yang berasosiasi yaitu RTBV (Rice Tungro Baciliform Virus) dengan ukuran 140 x 35 mm dan RTSV (Rice Tungro Spherical Virus) dengan diameter antara 30 – 33 nm. RTBV merupakan anggota dari group”Badnavirus = Banana dna virus” dan hanya dapat ditularkan oleh wereng daun (leafhopper) secara semi persisten dengan hadirnya RTSV. RTSV masuk dalam group “Waika Viruses Sesquivividae” dan dapat ditularkan oleh wereng daun serta berfungsi sebagai “helper virus” untuk RTBV. Kedua partikel virus tersebut dapat berada di dalam suatu sel secara bersama-sama tanpa mengakibatkan terjadinya proteksi silang antara satu dengan yang lain.
Pelepah dan helaian daun memendek dan daun yang terserang berwarna kuning sampai kuning-oranye. Daun muda sering berlurik atau strip berwarna hijau pucat sampai putih dengan panjang berbeda sejajar dengan tulang daun.Gejala mulai dari ujung daun yang lebih tua. Daun menguning berkurang bila daun yang lebih tua terinfeksi. Dua spesies wereng hijau Nephotettix malayanus dan N.virescens adalah serangga yang menyebarkan (vektor) virus tungro.
Infeksi Tungro pada tanaman padi khususnya varietas peka akan menimbulkan gejala kerdil, jumlah anakan berkurang. Daun menguning, menggulung keluar dan agak sedikit terpuntir. Tanaman yang kerdil pada ruas daun kedua memendek. Karena adanya perpanjangan pelepah daun baru maka daun yang membuka kadang-kadang pelepahnya terjepit. Akar tanaman berkurang dan gabah yag dihasilkan kecil dan sering tidak sempurna. Gejala penyakit tungro pada tanaman yang terinfeksi virus mulai dapat dilihat pada umur 7 – 10 hari sesudah diinokulasi. Konsentrasi RTBV yang tinggi dalam jaringan tanaman akan menyebabkan gejala berwarna orange pada daun.
Tungro tidak dapat ditularkan melalui biji ataupun secara mekanik, tetapi harus ada serangga penular (vektor) yaitu wereng hijau (Nephotettix spp.) atau wereng loreng ((Recilia dorsalis).Sifat penularan virus oleh vektornya bersifat semi persisten artinya periode akuisisi minimum 5-30 menit dan periode inokulasi minimum 7-30 menit. Masa inkubasi virus pada tanaman 6-10 hari, virus dapat ditularkan melalui semua stadia serangga, yaitu nimfa dan imagonya, jantan dan betina, tapi tidak melalui telur.sekali lagi.
2. Bakteri
a) Thiobacillus Ferrooxidans Sebagai Penanganan Limbah Pertambangan
Kelompok bahan galian metalliferous antara lain adalah emas, besi, tembaga, timbal, seng, timah, mangan. Sedangkan bahan galian nonmetalliferous terdiri dari batubara, kwarsa, bauksit, trona, borak, asbes, talk, feldspar dan batuan pospat. Bahan galian untuk bahan bangunan dan batuan ornamen termasuk didalamnya slate, marmer, kapur, traprock, travertine, dan granite.
Pembakaran batu bara merupakan metode pemanfaatan batu bara yang telah sekian lama dilakukan. Masalah yang muncul sebagai akibat pembakaran langsung batu bara adalah emisi gas sulfur dioksida. Sulfur yang terdapat dalam batu bara perlu disingkirkan karena sulfur dapat menyebabkan sejumlah dampak negatif bagi lingkungan.
Energi batubara merupakan jenis energi yang sarat dengan masalah lingkungan, terutama kandungan sulfur sebagai polutan utama. Hal ini disebabkan oleh oksida-oksida belerang yang timbul akibat pembakaran batubara tersebut sehingga mampu menimbulkan hujan asam. Sulfur batubara juga dapat menyebabkan kenaikan suhu global serta gangguan pernafasan. Oksida belerang merupakan hasil pembakaran batubara juga menyebabkan perubahan aroma masakan atau minuman yang dimasak atau dibakar dengan batubara (briket), sehingga menyebabkan menurunnya kualitas makanan atau minuman, serta berbahaya bagi kesehatan (pernafasan).
Penyingkiran sulfur pada batubara dapat dilakukan dengan tiga metode, yaitu fisika, kimiawi, dan biologis. Penyingkiran sulfur secara biologis atau biodesulfurisasi adalah metode penyingkiran sulfur dengan menggunakan mikroba yang paling murah dan paling sederhana. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi biodesulfurisasi batubara, yaitu: temperatur, pH, medium nutrisi, konsentrasi sel, konsentrasi batu bara, ukuran partikel, komposisi medium, kecepatan aerasi COÌ, penambahan partikulat dan surfaktan, serta interaksi dengan mikroorganisme lain. Cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mewujudkan gagasan clean coal combustion melalui desulfurisasi batubara.
Alternatif yang paling aman dan ramah terhadap lingkungan untuk desulfurisasi batubara adalah secara mikrobiologi menggunakan bakteri Thiobacillus ferrooxidans dan Thiobacillus thiooxidans. Penggunaan kombinasi kedua bakteri ini ditujukan untuk lebih mengoptimalkan desulfurisasi. Thiobacillus ferooxidans memiliki kemampuan untuk mengoksidasi besi dan sulfur, sedangkan Thiobacillus thiooxidans tidak mampu mengoksidasi sulfur dengan sendirinya, namun tumbuh pada sulfur yang dilepaskan setelah besi teroksidasi.


b) Listeria monocytogenes
Listeria monocytogenes, anaerob fakultatif , intraseluler bakteri, adalah agen penyebab listeriosis . Ini adalah salah satu yang paling virulen patogen bawaan makanan, dengan 20 sampai 30 persen dari infeksi klinis mengakibatkan kematian. Infeksi invasif oleh L. infeksi invasif oleh L. monocytogenes menyebabkan penyakit Listeriosis monocytogenes Penyakit menyebabkan listeriosis.
Bila infeksi tidak invasif, setiap penyakit sebagai konsekuensi dari infeksi gastroenteritis disebut demam. Bila infeksi invasif Tidak, setiap Penyakit sebagai konsekuensi Dari infeksi gastroenteritis disebut pendarahan. Manifestasi listeriosis termasuk septicemia, meningitis (atau meningoencephalitis), ensefalitis, ulkus kornea, pneumonia dan infeksi intrauterin atau leher rahim pada wanita hamil, yang dapat mengakibatkan aborsi spontan (kedua trimester ketiga) atau bayi lahir mati. Manifestasi listeriosis Termasuk septikemia, meningitis (atau meningoencephalitis), ensefalitis, kornea ulkus, pneumonia, murah intrauterin atau infeksi serviks wanita hamil pada, yang dapat mengakibatkan aborsi spontan (trimester kedua ketiga) atau lahir mati.
Penggabungan neonatus listeriosis fetomaternal mungkin menderita granulomatosis infantiseptica -.. piogenik granuloma didistribusikan ke seluruh tubuh, dan mungkin menderita dari keterbelakangan fisik seperti gejala influenza, termasuk demam persisten, biasanya mendahului terjadinya gangguan tersebut. Penggabungan neonatus menderita listeriosis fetomaternal Ujug granulomatosis infantiseptica - piogenik granuloma didistribusikan ke Seluruh Tubuh, murah Ujug menderita keterbelakangan Fisik seperti gejala influenza, demam persisten Termasuk, biasanya mendahului terjadinya
Gangguan tersebut, gejala gastrointestinal, seperti mual, muntah, dan diare, mungkin mendahului bentuk yang lebih serius dari listeriosis atau mungkin satu-satunya gejala diungkapkan. Gejala gastrointestinal, seperti Mual, muntah, diare murah, Ujug mendahului bentuk yang lebih dari listeriosis serius atau Ujug Satu- satunya gejala gejala gastrointestinal yang diungkapkan epidemiologis dikaitkan dengan penggunaan antasida atau cimetidine Gejala pencernaan yang epidemiologis dikaitkan dengan penggunaan antasida atau cimetidine.. Waktu awal untuk bentuk serius listeriosis tidak diketahui, tetapi mungkin berkisar dari beberapa hari sampai tiga minggu.
Waktu onset untuk bentuk serius listeriosis tidak diketahui, tetapi ujug berkisar dari beberapa hari sampai tiga minggu. Waktu onset untuk gejala gastrointestinal tidak diketahui tetapi mungkin melebihi 12 jam waktu timbulnya gejala pencernaan untuk tidak diketahui tetapi melebihi ujug 12 jam.. sebuah studi awal menunjukkan bahwa sebuah studi awal l. menunjukkan bahwa l. monocytogenes adalah unik di antara bakteri gram-positif dalam hal itu mungkin memiliki lipopolisakarida, yang berfungsi sebagai suatu endotoksin. monocytogenes adalah unik di gram-positif antara bakteri dalam, yang ujug memiliki lipopolisakarida, yang berfungsi sebagai endotoksin. kemudian ditemukan untuk tidak menjadi endotoksin benar dinding sel mengandung asam listeria konsisten lipoteichoic, di mana. suatu bagian glikolipid, seperti galactosyl-glucosyl-diglyceride, secara kovalen terkait dengan phosphomonoester terminal teichoic asam. kemudian ditemukan untuk tidak menjadi endotoksin benar dinding sel mengandung asam listeria lipoteichoic konsisten, di mana bagian glikolipid, seperti galactosyl-glucosyl-diglyceride, secara kovalen terkait dengan phosphomonoester terminal asam teichoic ,jangkar ini wilayah lipid rantai polimer ke membran sitoplasmik jangkar lipid. daerah ini rantai polimer membran sitoplasma untuk asam lipoteichoic menyerupai lipopolisakarida dari bakteri gram-negatif baik dalam struktur dan fungsi, menjadi satu-satunya amphipathic polimer pada permukaan sel.
Asam lipoteichoic menyerupai lipopolisakarida dari bakterigram-negatif baik dalam, murah struktur fungsi, menjadi satu-satunya amphipathic polimer permukaan sel pada dosis infektif l. dosis infektif l. monocytogenes bervariasi dengan ketegangan dan dengan kerentanan korban monocytogenes bervariasi dengan dengan kerentanan ketegangan murah korban.. dari kasus dikontrak melalui susu mentah atau dipasteurisasi diduga, salah satu dapat dengan aman berasumsi bahwa, dalam rentan orang, kurang dari 1.000 jumlah organisme dapat menyebabkan penyakit. l. dari kasus dikontrak melalui susu mentah atau dipasteurisasi diduga, salah satu dapat berasumsi bahwa dengan aman, pada orang yang rentan, kurang dari 1.000 jumlah organisme dapat menyebabkan penyakit. l. monocytogenes dapat menyerangepitel pencernaan. monocytogenes dapat menyerang epitel pencernaan setelah bakteri masuk monosit host, makrofag, atau leukosit polimorfonuklear, menjadi darah-ditanggung (septicemia) dan dapat tumbuh.
Setelah bakteri memasuki tuan monosit, makrofag, atau leukosit polimorfonuklear, menjadi darah -ditanggung (septikemia) murah dapat tumbuh. keberadaannya intraseluler dalam sel fagositik juga memungkinkan akses ke otak dan migrasi mungkin transplasenta ke janin pada wanita hamil. keberadaannya intraseluler sel fagositik dalam, juga memungkinkan akses ke otak murah migrasi ujug transplasenta janin pada pada wanita hamil patogenesis l. l. monocytogenes berpusat pada patogenesis kemampuannya untuk bertahan hidup dan berkembang biak dalam sel inang fagositik. monocytogenes berpusat pada kemampuannya untuk bertahan hidup murah berkembang biak dalam, sel inang fagositik.
Tampaknya listeria awalnya berevolusi untuk menyerang membran dari usus, sebagai infeksi intraseluler, dan mengembangkan mekanisme kimia untuk melakukannya tampaknya listeria awalnya berevolusi untuk menyerang membran dari usus, sebagai infeksi intraseluler, murah mengembangkan mekanisme kimia untuk melakukannya. ini melibatkan protein bakteri "internalin" yang menempel pada protein. ". kaderin" pada sel membran usus hal ini melibatkan protein bakteri "internalin" yang menempel pada protein sel membran usus pada ". kaderin" ini adalah molekul adhesi juga dapat ditemukan dalam dua hambatan yang luar biasa tangguh lainnya pada manusia - penghalang darah otak dan feto - penghalang plasenta, dan ini mungkin menjelaskan afinitas jelas bahwa listeria memiliki untuk menyebabkan meningitis dan mempengaruhi bayi dalam rahim molekul-molekul adhesi-juga dapat ditemukan dalam, doa hambatan yang luar biasa tangguh lainnya pada manusia -. otak penghalang darah feto murah - penghalang plasenta, murah ini ujug menjelaskan afinitas jelas bahwa listeria memiliki untuk menyebabkan meningitis murah mempengaruhi bayi dalam rahim.


3. Jamur
a. Purpureocillium lilacinum
Purpureocillium lilacinum membentuk miselium padat yang menimbulkan konidiofor ini phialides beruang dari ujung yang spora terbentuk dalam rantai panjang.. Spora berkecambah ketika kelembaban yang cocok dan nutrisi yang tersedia. Koloni pada agar malt tumbuh agak cepat, mencapai diameter 5 -7 cm dalam waktu 14 hari pada 25 ° C (77 ° F), terdiri dari basal dirasakan dengan pertumbuhan berlebih floccose dari miselium udara; pada kulit putih pertama, tetapi ketika bersporulasi berubah untuk berbagai nuansa vinaceous Sisi sebaliknya kadang-kadang uncolored tapi. biasanya dalam nuansa vinaceous Para hifa vegetatif. berdinding halus, hialin, dan 2,5-4,0 m lebar. konidiofor timbul dari hifa terendam, 400-600 m panjang, atau yang timbul dari hifa udara dan separuhnya. Phialides terdiri dari bengkak bagian basal, meruncing ke leher yang berbeda tipis konidia yang berbeda dalam rantai, ellipsoid untuk fusiform dalam bentuk, dan halus berdinding untuk sedikit kasar.
Purpureocillium lilacinum merupakan penyebab jarang penyakit manusia. Sebagian besar kasus yang dilaporkan melibatkan pasien dengan sistem kekebalan tubuh berkompromi, berdiamnya perangkat asing, atau implan lensa intraokuler. Penelitian dekade terakhir menyarankan mungkin suatu patogen yang muncul dari kedua immunocompromise serta orang dewasa imunokompeten.
P. lilacinum digunakan sebagai agen biokontrol untuk spesies nematoda beberapa Meloidogyne incognita. Tanaman-parasit nematoda menyebabkan kerugian ekonomi yang signifikan untuk berbagai tanaman kontrol Kimia adalah pilihan yang banyak digunakan untuk manajemen pabrik-parasit nematode. Namun, nematicides kimia sekarang sedang Reappraised dalam hal bahaya lingkungan, biaya tinggi, ketersediaan terbatas di banyak negara-negara berkembang atau berkurang efektivitas mereka setelah aplikasi diulang.
Uji coba di lapangan, percobaan rumah kaca dan dalam pengujian in vitro P. lilacinum berlanjut dan isolat lebih telah dikumpulkan dari tanah, nematoda dan kadang-kadang dari serangga..patogenisitas isolat bervariasi dalam mereka untuk tanaman parasit nematoda. Beberapa isolat adalah parasit agresif sementara lainnya, meskipun morfologis dibedakan, kurang atau non-patogenik isolat Terkadang yang tampak menjanjikan secara in vitro atau dalam percobaan rumah kaca telah gagal untuk memberikan kontrol di lapangan.
Banyak enzim yang diproduksi oleh P. lilacinum telah dipelajari. Salah satu strain P. lilacinum telah terbukti untuk menghasilkan protease dan kitinase sebuah, enzim yang dapat melemahkan kulit telur nematoda sehingga memungkinkan pasak infeksi (Domsch KH, Gams W, Anderson T-H.2007).

b. Ceratocystis fimbriata
Ceratocystis fimbriata adalah jamur dan patogen tanaman, menyerang tanaman seperti ubi jalar ( busuk hitam ) dan menekan panel dari pohon karet Para (membusuk berjamur). C. fimbriata terutama patogen xilem. Pada pohon (Theobroma, Mangifera, Prunus, dll), infeksi biasanya terjadi melalui luka segar, meskipun infeksi akar juga umum. Miselium dan spora masukkan luka dan bergerak melalui xilem di dalam air-melakukan sel dan ke dalam sel parenkim ray.. Jamur penyebab gelap coklat kemerahan sampai ungu untuk pewarnaan berwarna cokelat tua atau hitam di xilem tersebut. Pewarnaan ini dapat memperpanjang beberapa meter dari akar, sampai batang pohon, dan menjadi cabang-cabang. Ketika cabang yang terkena dampak atau batang dipotong dalam lintas-bagian, pewarnaan sepanjang sinar memberikan pola berbentuk baji atau Starburst seperti khas. Pada permukaan batang atau cabang, Kanker dapat mengembangkan di daerah dari perubahan warna xilem, dan Kanker dapat memancarkan gusi.. Cabang dan batang Kanker sangat umum pada Populus, Prunus, Platanus dan Eucalyptus meskipun layu juga mungkin terjadi tanpa perkembangan kanker. Layu daun biasanya menjadi kering dan meringkuk agak tiba-tiba namun tetap melekat pada pohon selama beberapa minggu. Pada Platanus, daun cabang individu yang terkena sering menunjukkan klorosis dan nekrosis interveinal, mungkin berhubungan dengan jamur diproduksi.
Infeksi banyak pohon (Theobroma, Mangifera, Punica dan lain-lain) sering disertai oleh serangan kumbang ambrosia sekunder dengan berbagai (seperti Xyleborus dan spesies Hypocryphalus), yang menanggung ke xilem batang berpenyakit dan menghasilkan jumlah berlebihan frass (partikel kayu dicampur dengan kotoran). Frass mungkin melekat pada lubang galeri pintu masuk di untaian panjang atau menumpuk di kulit atau di dasar pohon. Aleurioconidia mungkin ada dalam frass tersebut dan dapat menjadi sumber penting inokulum. C.fimbriata dapat tersebar oleh angin atau rainsplash.
Pada pohon-pohon karet (Hevea brasiliensis), C. fimbriata serangan panel penyadapan, menyebabkan cetakan pucat abu-abu pada permukaan panel dan warna gelap di kayu di bawah permukaan (Martin, 1949;. Silveira et al, 1994). C. fimbriata dapat menyerang melalui akar atau batang terluka, menyebabkan busuk akar atau busuk bibit, atau dapat perjalanan melalui xilem, menyebabkan layu cepat dari tanaman dan warna gelap yang luas dari sistem vaskular. Hal ini juga dapat terjadi sebagai busuk, hitam cekung di permukaan akar penyimpanan atau corms dari Ipomoea dan Araceae seperti Colocasia dan Xanthosoma, baik sebelum atau setelah panen. Jamur juga telah dilaporkan sebagai patogen dangkal buah kakao dipanen, menyebabkan lembut, coklat, lesi membusu khususnya selama periode hujan. Namun, jamur terkait, C. paradoxa adalah lebih umum pada buah kakao busuk, kemungkinan besar sebagai penjajah sekunder.

DAFTAR PUSTAKA
Ann M. Arvin (Juli 1996). "Varicella-Zoster Virus". Clinical Microbiology Reviews 9 (3): 361– 381. http://cmr.asm.org/cgi/reprint/9/3/361.pdf. Diakses pada 29 Desember 2011.

Domsch KH, Gams W, Anderson T-H, ed (2007). Compendium of Soil Fungi (2nd ed.). Lubrecht & Cramer Ltd. p. 322.
Jha, Alok (2008-11-04). "Scientists discover Patagonian diesel that grows on trees". London: The Guardian. http://www.guardian.co.uk/environment/2008/nov/04/biofuel-plants-biochemistry-science. Retrieved 2008-11-04

Kristina, Isminah, Wulandari L (2004) "Demam Berdarah Dengue" Litbang Depkes http://www.litbang.depkes.go.id/maskes/052004/demamberdarah1.htm. Diakses pada 29 Desember 2011

http://www.biocontrol.ch/export/madex.phtml
Share this article :

2 comments:

Powered by Blogger.

Entri Populer

Negara PengunjuNg

free counters
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rizal Suhardi Eksakta * - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger